Rabu, 29 September 2010

Pengertian Ilmu Sosial Dasar



    PENGERTIAN BUDAYA DASAR
    Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk menkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
    Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Ingris “The Humanities”, diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
    Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetehuan budaya, lebih dahulu lebih diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelempokan dalam 3 kelompok besar, yaitu :
    1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
    Yang bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah.
    2. Ilmu-ilmu Sosial (social science)
    Yang bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.
    3. Pengetahuan Budaya (the humanities)
    Yang bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik , kemudian diberi arti.
    Pengetahuan budaya (The Humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) srni dan filsafat.
    Basic Humanities adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

    TUJUAN BUDAYA DASAR
    Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat:
    1. Mengusahaka penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
    2. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya.
    3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jauh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
    4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.

    HUBUNGAN ANTARA ISD & IPS
    Hubungan dari keduanya antara lain adalah :
    • Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran
    • Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
    • Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial
     
    RUANG LINGKUP ISD
    Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
    • Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
    • Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
    Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.



    NAMA : Rizky Kurnia Handoyo

    KELAS : 1KA31

    NPM : 16110176

    DOSEN : Asri Wulan

    MATA KULIAH : Ilmu Sosial Dasar

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar