Jumat, 12 Oktober 2012

Makanan Khas Indonesia yang mudah dijumpai

1. Pempek 
Makanan tradisional khas Palembang ini emang rasanya enggak usah ditanya lagi, enak banget! Makanan ini terbuat dari bahan pokok terigu dan ikan tenggiri , di tambah dengan kuah cukanya yang asem-asem pedes gurih , jadi ya ga salah kalau banyak banget orang yang suka dengan pempek. Maka dari itu enggak susah buat nyari makanan ini. Dari mulai pedagang kaki lima, pedagang keliling, bahkan mungkin di restaurant khusus pempek juga ada. Harganya juga relatif murah. Enggak perlu susah-susah ke Palembang buat nyari makanan ini hahaha :D

2. Gado-Gado

Nah yang ini makanan khas betawi, kombinasi dari berbagai macam sayuran yang direbus terus dikasih sambel kacang uleg sama kerupuk makanya namanya gado-gado (sotoy). Gado-gado ini udah biasa banget ada dimana-mana, dari tempat makan rumahan sampai restaurant terkenal juga ada yang jual makanan ini. Karena selain enak makanan ini juga sehat, ya karena sayu-sayurannya itu, rasanya juga enak bisa di makan pake nasi atau lontong sesuai selera.

3.Soto 



Soto, ada berbagai macam soto loh di Indonesia. Ada soto Madura, soto Surabaya, soto Betawi, soto Ayam, soto Babat, di Makasar juga ada namanya coto Makasar. Makanan ini mudah dijumpai juga relatif murah terjangkau harganya. Bukan orang Indonesia namanya klo belom pernah makan soto, bahkan mie aja ada yg rasa soto haha :p

4. Sate

Eits, jangan  ketuker ya antara sate dan soto. Mereka itu berbeda! *skip* Tapi sate ini sama dengan soto yang banyak ragamnya, ada berbagai jenis sate di Indonesia, ada sate ayam, sate kambing, sate kikil, sate Padang, dan sebagainya dan sebagainya. Bumbunya juga bervariasi, ada kecap, ada bumbu kacang. Sate ini banyak banget yang jual, dimana-mana kalau ada yang ngebul-ngebul bau asep tapi bikin ngiler , itu pasti tukang sate! Rasanya enak dan enggak kalah sama makanan-makanan junk food jaman sekarang.

5. Tahu dan Tempe
 Wah ini nih makanan Indonesia yang hampir aja di klaim sama negara tetangga. Tahu dan tempe emang lumrah banget kita temuin dimana-mana. Ada yg dijual sebagai gorengan, ada yang dikemas sebagai cemilan, bisa sebagai lauk sehari-hari dirumah, bahkan di restauran misalnya restaurant sunda pasti sering didampingi tahu dan tempe ini. Makanan yang terbuat dari bahan pokok kacang kedelai ini sangat amat terkenal bukan di antara kita? Banyak yang bilang makanan ini makanan kampung , wah tapi jangan salah banyak orang yang enggak bisa hidup tanpa makanan ini! hahaha berlebihan ya? Tapi emang benar makanan tradisional ini sangat melekat dan mudah kita jumpai sehari-hari.

Oke segitu dulu postingannya, karena buanyaaak banget makanan tradisional Indonesia yang lainnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar