Senin, 07 Januari 2013

Bagaimana Menentukan Tema dan Judul Karangan Yang Menarik

Karangan yang baik adalah karangan yang ditulis oleh orang yang berpengetahuan. Jadi kalau kita ingin meghasilkan karangan yang baik, lebih baik kita menulis karangan berdasarkan bidang yang memang kita kuasai sehingga hasil tulisan karangan kita jelas terbaca arah dan maksudnya.
Berikut ini adalah cara membuat karangan yang baik:
  • Menentukan tema yang akan ditulis
  • Pilih judul yang sesuai dengan karangan yang akan ditulis
  • membuat kerangka karangan yang jelas, gagasan yang sesuai tema, berisi pokok pikiran yang logis, serta konsisten terhadap tema dan judul
  • Selalu memperhatikan isi dari karangan
  • Penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)
  • Menguasai tema serta pokok bahasan yang akan kita tulis
  • Patuh pada kerangka karangan yang telah kita buat sebelumnya
Karangan yang baik biasanya terkesan kaku dan datar sehingga generasi kita pada masa sekaran agak kesulitan dalam membuatnya apalagi mereka juga enggan untuk mebacanya, tapi karangan yg baik juga bisa kita jadikan karangan yang juga menaraik. Bagaimana caranya?

Pertama kita tentukan tema karangan yang akan kita buat. Kita pilih tema yang semenarik mungkin. Yang sekarang sedang ramai di bicarakan atau mungkin sesuatu yang baru dan akan menarik minat seseorang untuk membacanya. Misalnya karangan tentang apa yang akan terjadi di masa depan atau mungkin catatan hidup seorang bintang terkenal.Pokonya apapun itu sesuaikan dengan minat pembaca yang kalian ketahui, jangan sampai tema yg kita buat untuk karangan adalah tema yg sudah lewat masanya.

Llu buatlah judul yg membuat si pembaca bertanya-tanya dan penasaran dengan isi karangan yang kita buat, dengan begitu akan timbul rasa ingin si pembaca judul tersebut untuk membaca karangan kita. Misalnya "Berdiri di atas awan" pasti si pembaca heran bagaimana bisa kita berdiri di atas awan. Lalu tulislah karangan tentang keindahan puncak mahameru yang membuat kita merasa seperti berdiri di atas awan. Seperti memanipulasi apa yang akan kita tulis dengan majas perumpamaan. Dengan begitu karangan kita yang tadinya terkesan biasa atau bahasa sekarangnya "mainstream" akan terlihat berbeda dan menarik. Silahkan di coba :)

Mengutip lautanstrawberryblue.blogspot.com
Sumber carapedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar